Bagaimana Mendorong Remaja untuk Mendalami Alkitab?

Submitted by admin on Fri, 11/09/2012 - 13:36

Para remaja enggan untuk melakukan apapun yang mereka rasakan sebagai sesuatu yang tidak perlu. Jadi, jika Anda sungguh-sungguh menginginkan seseorang mendorong anak remaja Anda untuk belajar Alkitab, orang tersebut sebaiknya memenuhi dua kriteria penting. Pertama, orang itu haruslah orang yang dihormati oleh anak remaja Anda. Kedua, pendalaman Alkitab haruslah dipahaminya dan menjadi pusat kehidupannya. Jika Anda tidak dapat menemukan seseorang yang memenuhi kriteria tersebut, bertanyalah kepada divisi pelayanan anak remaja di gereja lokal Anda atau teman-temannya yang seiman. Anak remaja Anda mungkin memiliki teman-teman sebaya yang telah terlibat dalam pendalaman Alkitab yang membangun.

Materi-materi yang Anda perlukan:

  • Alkitab Edisi Belajar
  • Panduan Pendalaman Alkitab
  • Panduan Saat Teduh Harian


  1. Mengapa Alkitab?
  2. Diskusikan mengapa orang-orang mendalami Alkitab sebagai strategi dalam menjalani kehidupan! Bicarakan tentang perkembangan hubungan yang penuh sukacita dengan Allah, yang menyediakan Hidup Kekal dan kehidupan yang melimpah dan memuaskan di Bumi ini bagi mereka.

  3. Sudut Pandang untuk Memahami Alkitab
  4. Jelaskan bahwa Alkitab berpusat pada penggenapan doa Yesus Kristus, yang terdapat dalam Injil Yohanes 17:26 "Aku telah memberitahukan nama-Mu kepada mereka dan Aku akan memberitahukannya, supaya kasih yang Engkau berikan kepada-Ku ada di dalam mereka dan Aku di dalam mereka." Pernyataan inti yang tegas ini akan membekali mereka dengan sudut pandang yang mereka butuhkan untuk memahami seluruh Alkitab, baik Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru, sembari mulai bersandar pada hal itu.

  5. Memulai dari Injil
  6. Nasihatkan supaya remaja mengawali dengan empat Injil dalam Perjanjian Baru dalam urutan yang disarankan: Yohanes, Matius, Lukas, dan Markus; lalu Kisah Para Rasul; Roma, Galatia, kemudian bagian lainnya dari Perjanjian Baru.

  7. Melanjutkan dengan Membaca Perjanjian Lama
  8. Tambahkan bacaan-bacaan singkat dalam Perjanjian Lama saat remaja sudah mulai akrab dengan Perjanjian Baru, seperti bacaan satu pasal setiap hari dalam kitab Mazmur, Amsal, Yesaya, Kejadian, Keluaran, serta kitab nabi-nabi besar dan kecil.

  9. Berikan Renungan
  10. Anjurkan beberapa bahan pembantu belajar seperti renungan untuk saat teduh harian dan pokok-pokok doa khusus setiap hari. Bantu mereka menemukan gereja yang mengajarkan Alkitab dan teman-teman yang juga mendalami Alkitab.



Petunjuk dan Peringatan

Katakan kepada mereka bahwa Allah mengasihi mereka dan mengutus anak-Nya, untuk mati dan mengakhiri terpisahnya hubungan antara Allah dan umat manusia. Ambillah manfaat dari kesempatan tersebut, untuk menjadikan pendalaman Alkitab setiap hari sebagai suatu bagian dari kehidupan dan waktu bersama-sama keluarga Anda. (t/Dicky)

Diterjemahkan dari:

Nama situs : ehow.com
Alamat URL : http://www.ehow.com/how_48859150_encourage-teens-study-bible.html
Judul asli artikel : How to Encourage Teens to Study Bible
Penulis : Pauline Gill
Tanggal akses : 7 Maret 2011
 

Member login

Request new password