"I Not Stupid"

Submitted by admin on Fri, 11/15/2013 - 11:58

Judul Film : I Not Stupid
Sutradara : Jack Neo
Tahun Produksi : 2002

"I Not Stupid" adalah sebuah film fenomenal produksi Singapura tahun 2002, yang selain sangat sukses secara komersial, juga berhasil mencatatkan diri sebagai film terbaik pada beberapa Festival Film Internasional.

Film ini bercerita tentang kehidupan 3 remaja Singapura yang berada pada level EM3, yaitu level "kasta" pendidikan terendah pada sistem pendidikan di Singapura. Sistem sosial yang terbentuk di Singapura, celakanya, sangat memandang rendah siswa-siswa yang berada di level EM3. "I Not Stupid" lantas bercerita tentang bagaimana 3 siswa EM3 ini berjuang mengatasi tekanan sosial tersebut dalam usaha mereka untuk merealisasikan potensi masing-masing yang berbeda dengan definisi potensi yang diakui oleh sistem.

Film ini disajikan dengan sangat menghibur, penuh gelak tawa, namun juga mengharukan serta menyentuh hati. Film ini juga menghadirkan satire dan kritikan terhadap pemerintah Singapura, sistem politik serta sosial yang ada di negara tersebut, yang disajikan secara bernas dan bermutu.

Film ini fenomenal karena berhasil menyulut diskursus publik di Singapura tentang sistem pendidikan yang ada. Setelah melalui debat parlemen, Kementrian Pendidikan Singapura akhirnya memutuskan untuk mengabungkan level EM2 dan EM1 pada tahun 2004, dan merencanakan untuk menghapus sistem EM3 pada tahun 2008.

Pada tahun 2005, sutradara film ini menjadi aktivis pop culture lokal Singapura pertama yang menerima Cultural Medallion, sebuah penghargaan kebudayaan tertinggi yang diberikan pemerintah Singapura.

Sumber: http://www.ppigroningen.nl/wp/2007/03/12/movie-review-i-not-stupid-dan-s...

 

Member login

Request new password